Senin, 10 Desember 2012

BUMI PERKEMAHAN KENDALISADA BANYUMAS

Bumi Perkemahan Kendalisada Banyumas

Bumper bagi aktivis Gerakan kepanduan Pramuka merupakan istananya. Dimana tempat belajar, berkreasi dan membentuk kepribadian bersama anggota yang lain. Di Kabupaten Banyumas ada dua Bumi perkemahan, Yaitu Bumi perkemahan Baturraden dikelola oleh Perhutani Banyumas dan Bumi Perkemahan Kendalisada yang di kelolaPEMDA Banyumas. lokasi yang mudah dijangkau dan ketersediaan fasilitas yang memadai menjadikan kendalisada sebagai tempat andalan kegiatan pramuka banyumas. dan kendalisada merupakan markasnya kesatria DKC Banyumas.
Lokasi dan Sarana Transportasi
Bumi perkemahan kendalisada terletak di desa kaliori kecamatan kalibagor Kabupaten Banyumas. Di resmikan pemakaiannya pada tanggal 17 September 1980 oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan PramukaBapak Letjen (Purn) Mashudi. Jalan untuk menuju lokasi yaitu Jalur Purwokerto – Sokaraja –Banyumas . Dari arah kota Purwokerto sekitar 14 KM, dan jika dari arah kota kecamatan banyumas sekitar 3 kilometer ke arah utara.
Markas Gerakan Pramuka Banyumas, yaitu bumper Kendalisada dapat di jangkau dengan kendaraan umum dan kendaraan pribadi.  Dilalui kendaraan umum baik angkot, bus mikro, bus AKDP, dan AKAP. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi dari arah sokaraja ke selatan menuju arah banyumas. Bagi yang menggunakan roda dua atau kendaraan pribadi akan lebih mudah untuk sampai ke lokasi, turun di depan SMK Pertanian kalibagor tepatnya di desa kaliori menuju arah barat ke arena bumi perkemahan kendalisada.
indahnya kendalisada banyumas
Kondisi dan Luas Wilayah
Secara umum kondisi Lokasi Bumi perkemahan Kendalisada cukup baik, terlihat pemandangan alam dan pepohonan yang rindang. Bumper kendalisada yang luasnya lebih kuran 20 hektar dilengkapi dengan 3 buah gedung, yaitu gedung serbaguna, Gedung asrama dan untuk perkantoran. Pendopo utama yang diadikan pemusatan kegiatan selain untuk kegiatan kepramukaan pendopo kendalisada juga sering dimanfaatkan untuk olahraga, seminar atau penyuluhan.
Asal mula nama kendalisada 
mengapa dinamakan Bumi perkemahan kenalisada? Nama perbukitan tersebut sebenarnya Bukit Tunggangan. Tetapi karena di lokasi bumper terdapat suatu petilasan yang bernama Kendalisada, maka arena kegiatan remaja ini dinamakan Bumi Perkemahan Kendalisada. Nama tersebut dihubungkan dengan nama tokoh wayang Anoman. Sehingga tidak heran jika begitu anda memasuki gerbang kendalisada tampak relief patung Anoman.
Konon, menurut mantan Bupati banyumas R.G. Roedjito waktu itu, Kendalisada dapat di terjemahkansebagai pusat penggemblengan kaum remaja. Sehingga sudah banyak sekali kegiatan-kegiatan remaja yang berhubungan dengan disiplin, kreatifitas dan kemandirian untuk menjadi pribadi yang tangguh di adakan di lokasi tersebut.
pesona wisata kendalisada banyumas
Pesona Daya Tarik Kendalisada
Jika sore hari ternyata banyak remaja yang berkunjung ke bumper kendalisada, apalagi kalau hari libur dan bertepatan dengan berbagai macam kegiatan kepramukaan. Untuk masyarakat banyumas sendiri bisa dijadikan tempat refreshing yang murah meriah. Dengan pemandangan alam yang cukup indah dari atas perbukitan kendalisada.
Binatang rusa dan danau buatan pun bisa menjadi daya tarik sendiri untuk belajar dan bermain di bumper kendalisada. Pepohonan yang rindang dan sejuk bisa menjadi tempat istirahat sejenak untuk melepaskan penat pasca anda bekerja. Serta bagi anda yang suka memancing bisa mencoba mengadu kail di Danau kendalisada untuk mendapatkan ikan. Banyak ditemui di sore hari remaja atau masyarakat yang memancing atau bahkan yang hanya duduk-duduk menikmati keindahan ciptaan Tuhan.
pendopo kendalisada
Anda warga banyumas dan belum pernah ke bumi perkemahan kendalisada ? cobalah meluangkan waktu untuk mengenal daerah banyumas tercinta, sambil belajar dari alam. Dan jika anda di luar kabupaten banyumas ingin berkunjung, ini tempat merupakan yang di rekomendasikan. Memang bukanlah tempat wisata yang dikelola dengan baik [oleh pemerintah atau investor] namun tempat ini bisa menjadi wahana edukasi, wahana perkemahan dan tempat untuk menggali potensi diri. dan bagian tak terpisahkan dariPariwisata Banyumas. Salam #banyumasku

2 komentar:

  1. Video Olahraga Sore di Banyumas bersama SSB PUTRA BANYUMAS, disini juga banyak sekali tempat wisata yang adem rindang dan bagus-bagus..

    BalasHapus
  2. Salah satu SSB yang bagus di purwokerto banyumas dan ini salah satu video latihan taktik passing dan kontrol bola.

    BalasHapus