Senin, 10 Desember 2012

MUSEUM WAYANG BANYUMAS

Gedung Museum dengan luas 93,4 m2 yang merupkan bekas paseban yang telah di pugar oleh Pemprov Jawa tengah pada Tahun 1982/1983 yang terletak di kompleks Pendopo Kabupaten Banyumas lama di kota Banyumas. nama “Sendhang Mas”  merupakan kependekan dari Seni Pedhalangan Banyumas.
namun ada yang menyebutkan nama Museum Sendang Mas berasal dari nama sumur kecil di belakang pendopo Si Panji yang sampai sekarang masih mengeluarkan air. Diameter sumur 0,5 meter dengan kedalaman kurang lebih 2 meter. Air sumur ini digunakan untuk air kembang yang biasanya untuk ziarah ke makam-makam para Bupati Banyumas zaman dahulu. Ada juga yang percaya bahwa air sumur Sendang Mas mempunyai khasiat tertentu sebagai sarana pengobatan supranatural dan metafisika.
Adapun untuk tujuan di dirikannya museum ini antara lain untuk melestarikan kebudayaan jawa khususnya wayang.  dalam museum ini terdapat  wayang kulit gagrag banyumas, gagrag solo, gagrag yogyakarta, sunggingan gagrag banyumas ada tiga jenis yaitu 1. gagrag banymas kuno (betuk dan warna batik masih kasar), 2.Kidang kencana pesisiran, bentuknya seperti jenis kuno, hanya sudah agak halus, juga warna dan batikkannya. 3. jenis lebih modern dan sangat terpengaruh gaya yogya-solo.
Di museum ini terdapat pula waang krucil atau klithik dan wayang beber. kaligrafi huruf jawa dalam bentuk gunungan dan punakawan.  di sini juga di lengkapai dengan satu perangkat gamelan slendro dari perunggu komplit serta buku-buku tentang perwayangan.

Data tentang sendhang mas
Latar Belakang dan Sejarah
Museum didirikan tanggal 31 Desember 1983 oleh Senawangi (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia).
Lokasi Museum
Jalan Gatot Subroto No.1,  Banyumas
Transportasi
Jarah tempuh dari Terminal Bus               :  18  Km
Jarah tempuh dari Stasiun KA                    :  20  Km
Koleksi
Koleksi Museum Wayang Sendang terdiri dari : Wayang Kulit Purwa, Wayang Suluh, Wayang Golek Purwo, Wayang Golek Menak, Wayang Krucil, Wayang Beber, Gamelan Slendro,  Calung/Angklung, Kaligrafi  Huruf  Jawa,  Wayang Suket/Adam Marifat, Banyumas Tempo dulu, Benda Tosan Aji, Buku perpustakaan.
Jadwal Kunjung
Senin – Kamis           : 07.15 – 14.15
Jum’at                         : 07.15 – 11.15
Sabtu                          : 07.15 – 12.45
Harga Karcis Masuka. Dewasa                 : Rp 500,-
b. Anak-anak             : Rp 500,-
c. Rombongan          : Rp 500,-
Fasilitas
Luas Tanah / Luas Bangunan :  0,20 Ha / 2.52 m2
- Ruang Pameran Tetap
- Toilet
OrganisasiJumlah Pegawai   7  orang

Sumber : kimangli

1 komentar:

  1. Tulisan yang bagus mas. Ayo mas bareng2 kita promosikan Wisata Banyumas.. coba mas follow twitter @inipurwokerto dan @Banyumase .. ditunggu ya mas... tulisan2 mas dimention ke situ gapapa.. sukses terus mas! salam wong Banyumas :)

    BalasHapus